10 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sedari Dini

Jantung koroner, Endokarditis, dan Aritmia dikenal sebagai penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini berkaitan erat dengan kualitas pola hidup para penderitanya. Maka penting bagi kita untuk mengetahui dan menerapkan cara menjaga kesehatan jantung sedari dini.

Jantung merupakan organ vital yang berperan penting dalam memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Tentunya penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantungnya agar tetap berfungsi secara optimal. 

Jika tidak, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Perlu diketahui, penyakit jantung tidak hanya menyerang orang tua, penyakit ini pun dapat menyerang kalangan muda. Lantas, bagaimana cara yang tepat dalam menjaga kesehatan jantung? Berikut informasinya.  

Mengenal Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung tidak memandang usia. Bagi yang tidak menerapkan gaya hidup sehat sangat berpotensi mengalami sakit jantung. Untuk mencegahnya, maka diperlukan berbagai upaya agar kesehatan jantung tetap terjaga, berikut diantaranya: 

1. Rutin Olahraga

Berolahraga secara teratur memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Bahkan dengan aktivitas fisik yang ringan sekalipun jika dilakukan dengan rutin, maka turut meningkatkan kesehatan jantung.

Pasalnya, saat berolahraga jantung akan bekerja memompa darah lebih deras. Akibatnya, pembuluh darah dalam tubuh akan menjadi lebih lentur. Disamping itu, oksigen juga akan terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh.

Itu sebabnya, sempatkan untuk berolahraga setidaknya selama 20-30 menit setiap hari. Tidak perlu melakukan jenis olahraga berat, Anda bisa memilih aktivitas fisik yang ringan seperti jogging, senam, jalan kaki, berenang, bersepeda, atau senam jantung. Anda bisa memilih jenis olahraga tim seperti hoki, sepak bola, voli, atau basket bila ingin berolahraga bersama teman guna menjaga kesehatan jantung. 

2. Pola Makan Sehat

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang kerap diabaikan adalah memperhatikan pola makan. Kerap mengonsumsi makanan yang mengandung gula, garam, dan tingkat lemak yang tinggi bisa menjadi pemicu munculnya masalah yang berkaitan dengan kesehatan jantung. 

Misalnya saja fast food, sosis, serta berbagai makanan yang diolah menggunakan teknik deep fry. Jika ingin tetap memiliki jantung yang sehat, mulailah untuk menerapkan pola makan yang sehat seperti:

  • Membatasi diri untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak serta makanan yang terlalu asin dan manis.
  • Memperbanyak konsumsi makanan segar seperti kacang-kacangan, sayur dan buah segar, serta ikan salmon. 
  • Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan asam lemak omega-3. 
  • Lebih memilih minuman air mineral dibandingkan minuman bersoda. 

3. Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal tidak hanya bertujuan untuk memiliki tubuh proporsional agar terlihat lebih menarik. Tapi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. 

Berikut salah satu cara sederhana yang bisa Anda gunakan untuk menghitung berat badan ideal. Cara tersebut adalah menggunakan rumus Broca yang memiliki metode berbeda dalam menghitung berat badan ideal pria dan wanita, yaitu:

Berat badan ideal wanita:

(TB/Tinggi badan - 100) - {(TB/Tinggi Badan - 100) x 10%}

Berat badan ideal pria:  

(TB/Tinggi badan - 100) - {(TB/Tinggi Badan - 100) x 15%}

Contoh, diasumsikan bahwa antara pria dan wanita memiliki tinggi badan yang sama yaitu 160 cm, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Berat badan ideal wanita = (160 - 100) - {(160 - 100) x 10%} = 54 kg.

Berat badan ideal pria = (160 - 100) - {(160 - 100) x 15% = 51 kg.

Perlu diketahui bahwa rumus ini sifatnya tidak baku karena ada berbagai faktor yang ikut memengaruhi, misalnya saja faktor usia dan juga proporsi tubuh. 

4. Kontrol Kadar Kolesterol dalam Darah

Selalu memantau kadar kolesterol merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang wajib dilakukan. Anda bisa mengetahui berapa kadar kolesterol dalam darah dengan cara cek darah secara rutin.

Anda dapat  melakukan pengecekan kolesterol di rumah sakit atau layanan medis lainnya. Anda bisa mengunjungi Rumah Sakit Persada Hospital yang menyediakan fasilitas serta layanan yang lengkap. 

5. Rajin Minum Air Putih

Ternyata kebiasaan minum air putih mampu menurunkan risiko sakit jantung sebesar 41% pada wanita dan 54% pada pria. Ini disebabkan karena air putih mampu melarutkan kandungan garam dalam darah. 

Dampaknya adalah kinerja jantung akan semakin prima dalam memompa darah dan dialirkan ke seluruh tubuh. Secara umum, takaran minum air putih yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 8 gelas per hari. 

Jika ingin mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan atau tidak, bisa dicek dengan cara memperhatikan urin. Apabila urin terlihat berwarna pekat, ini menandakan tubuh Anda membutuhkan lebih banyak air. 

6. Tidak Merokok

Bagi perokok sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini karena bisa berbahaya bagi kesehatan paru-paru dan jantung. Selain itu, orang-orang sekitar yang menghirup asapnya pun ikut terdampak. 

7. Istirahat yang Cukup

Tahukah Anda jika salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah istirahat yang cukup. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan apabila cukup istirahat adalah memiliki metabolisme tubuh yang berjalan secara optimal, tekanan darah menjadi normal, dan mampu mengelola stres dengan baik. 

8. Melakukan Relaksasi Tubuh

Selain istirahat, kondisi jantung juga akan terjaga apabila secara rutin melakukan relaksasi tubuh. Anda bisa memilih untuk bermeditasi atau yoga agar tubuh menjadi rileks dan pikiran pun menjadi lebih tenang serta tidak mudah stres.  

9. Kontrol Kadar Gula dalam Darah

Banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis tidak hanya berisiko terkena diabetes, tapi  juga berpotensi terkena penyakit jantung. Untuk itu, kontrol gula darah Anda secara rutin ke Rumah Sakit Persada Hospital, serta kurangi makanan/minuman yang terlalu manis. 

10. Kontrol Tingkat Stress

Cara terakhir agar terhindar dari penyakit jantung adalah dengan mengontrol tingkat stres. Sebab, tingkat stres yang tinggi akan membuat tekanan darah meningkat serta mengganggu kualitas tidur yang bisa berdampak pada kesehatan jantung. Cara mudah dalam mengelola stres adalah dengan berolahraga, meditasi, melakukan aktivitas yang digemari, atau konsultasi ke psikolog.

Baca Juga: 12 Gejala Sakit Jantung yang Perlu Anda Waspadai

Kontrol Kesehatan Jantung Bersama Persada Hospital

Kualitas hidup akan meningkat seiring dengan kesehatan tubuh yang prima. Salah satu cara yang dapat diterapkan selain menerapkan pola hidup sehat, yaitu dengan kontrol kesehatan jantung secara berkala.

Persada Hospital merupakan Rumah Sakit Jantung di Malang yang memiliki fasilitas serta layanan Jantung komprehensif. Didukung dengan teknologi, dokter kompeten, dan tim terbaik, kami mampu menangani beragam permasalahan jantung dengan tetap berkolaborasi bersama keluarga pasien untuk support moril.

Kunjungi Cardiac Center Persada Hospital untuk melakukan kontrol kesehatan dan pengobatan penyakit jantung. Cek jadwal dokter jantung Persada Hospital untuk melakukan kunjungan konsultasi di poli jantung. Pelajari juga berbagai informasi kesehatan terkini melalui laman artikel Persada Hospital.

Ditinjau oleh :
dr. Budi Satrijo, Sp.JP (K), FIHA
Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
Share :
#SehatBarengPersada