Rhinoplasty: Operasi Plastik untuk Mengubah Bentuk Hidung Sehingga Lebih Ideal

Memiliki hidung mancung yang ideal merupakan dambaan setiap orang, terutama para wanita. Karena bentuk hidung yang ideal akan menambah kecantikan dan estetika wajah Sahabat Persada.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai prosedur apa yang harus ditempuh dalam mendapatkan bentuk hidung ideal dalam menunjang penampilan atau kebutuhan estetika, tidak ada salahnya jika Sahabat Persada mengetahui apa saja bentuk dan jenis hidung.

Jenis-jenis Bentuk Hidung

Sebelum menjalani operasi hidung, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis bentuk hidung. Inilah beberapa bentuk hidung yang paling umum di dunia.

1) Ras Eropa

Secara umum, orang Eropa memiliki hidung yang sedikit lebih lebar dan lebih panjang dibandingkan dengan kelompok etnis lain di dunia. Orang Eropa memiliki hidung dengan jembatan yang sempit. Orang-orang dari Eropa utara memiliki hidung yang lebar dan ujung yang menonjol, sementara penduduk asli Eropa barat laut memiliki hidung yang mengarah ke atas. 

2) Ras Asia

Keturunan Asia mencakup sekelompok besar orang dari Asia timur ke barat. Individu paling khas yang termasuk dalam jenis ini berasal dari Asia Timur. Orang Asia memiliki hidung dengan ujung yang lebar dan bulat. Ras ini memiliki hidung terkecil dalam hal luas permukaan. Namun, orang Asia Timur dan Selatan memiliki ruang yang lebih besar di antara lubang hidung atau sayap hidungnya.

3) Ras Afrika

Orang Afrika memiliki hidung yang paling lebar dan menonjol dibandingkan kelompok etnis lainnya. Hidung mereka ditampilkan dengan lubang hidung yang membesar, ujung yang lebar dan bulat serta tidak adanya batang hidung yang menonjol.

4) Ras Amerika

Hidung penduduk asli Amerika cenderung memiliki nasal root atau akar hidung yang menekan ke dalam. Ukurannya berbeda dari satu orang ke orang lain tetapi ras ini memiliki alas yang pendek dan lebar. Orang Afrika-Amerika memiliki hidung lebar dengan batang hidung lebar atau rendah, lubang hidung melebar, dan ujung bengkak. Sedangkan, orang Hispanik atau Amerika Latin juga memiliki hidung yang lebar tetapi dengan punuk atau ujung yang meruncing.

5) Ras Mediterania

Ras Mediterania mencakup orang-orang dari Eropa selatan hingga Asia Tengah. Mereka cenderung memiliki hidung dengan punuk di daerah antara ujung dan dahi dan ujung yang sedikit menjuntai.

Bagaimana dengan Bentuk Hidung Orang Indonesia?

Orang Indonesia yang masuk dalam kategori hidung Ras Asia, karena sebagian besar orang Indonesia memiliki keturunan etnis melayu yang masuk ke dalam rumpun Asia.

Hidung Asia umumnya memiliki anatomi batang hidung yang rendah dan ujung yang membulat. Hidung Asia biasanya memiliki dua bentuk berbeda:

1. Hidung Asia Timur

Hidung Asia Timur dicirikan oleh batang hidung yang rata dan pangkal yang lebar. Bentuk hidung ini biasa terjadi pada orang keturunan Asia Timur, seperti orang Cina, Jepang, dan Korea.

2. Hidung kecil

Hidung kecil ditandai dengan jembatan hidung pendek dan lubang hidung sempit. Orang-orang keturunan Asia Tenggara, seperti orang Vietnam, Thailand, Indonesia dan Filipina, cenderung memiliki bentuk hidung seperti ini.

Lalu, bagaimana jika Sahabat Persada ingin memiliki bentuk hidung yang ideal dan estetik? Salah satu solusi untuk Anda yang ingin memiliki bentuk hidung ideal dengan operasi hidung atau Rhinoplasty.

Operasi hidung (Rinoplasty) adalah tindakan pembedahan untuk memperbaiki bentuk atau penampilan hidung menjadi lebih ideal dan estetik. Tidak hanya untuk alasan estetika, Rhinoplasty juga dilakukan untuk memperbaiki bentuk hidung kurang ideal yang menjadi penyebab kesulitan bernapas, memperbaiki cacat bawaan pada hidung, atau bahkan bentuk hidung yang rusak akibat kecelakaan.

Bagaiamana Prosedur Operasi Hidung Rhinoplasty?

Rhinoplasty dilakukan dengan melakukan bius lokal ataupun bius total, tergantung pada saran dan pertimbangan dokter spesialis bedah plastik saat melakukan pemeriksaan awal. Dokter akan menganalisis bentuk batang dan cuping hidung yang akan dikoreksi dari pasien.

Pada saat konsultasi, pasien dianjurkan dapat mendiskusikan secara detil dengan spesialis bedah plastik mengenai kondisi, risiko, dan hasil yang diharapkan dari prosedur tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk menjalankan operasi hidung.

Rhinoplasty di Persada Aesthetic Center

Persada Hospital melalui layanan Persada Aesthetic Center melayani operasi hidung atau Rhinoplasty untuk Sahabat Persada yang ingin memiliki hidung ideal atau untuk pasien yang ingin memiliki bentuk hidung tertentu.

Persada Hospital mampu memberikan pelayanan berupa jenis tindakan dengan dua cara, yakni dengan menggunakan implan maupun modifikasi tulang rawan pada hidung. Prosedur ini meliputi berbagai proses yang ditangani oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik yang kompeten, seperti pada salah satu contohnya adalah dengan memodifikasi tulang hidung dengan mengambil sebagian tulang pada telinga.

Prosedur ini dapat membuat bentuk hidung Anda menjadi lebih proporsional. Tertarik untuk mendapatkan hidung mancung impian Anda? Segara datang dan konsultasikan diri Anda ke Persada Hospital.


Informasi selengkapnya hubungi hotline Persada Hospital di 0811-3058-8585

Ditinjau oleh :
DR.Herman Yosef Limpat Wihastyoko, dr., Sp.B.P.R.E., Subsp. K.M. (K)
Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi
Share :
#SehatBarengPersada