Medical Tourism Indonesia, Era Baru Layanan Kesehatan

medical-tourism-indonesia-era-baru-layanan-kesehatan

Medical Tourism Indonesia atau wisata kesehatan Indonesia merupakan kegiatan perjalanan wisata untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Medical Tourism Indonesia ini dicanangkan karena banyak WNI yang memilih berobat keluar negeri. Hal ini tentunya menyebabkan berkurangnya pendapatan negara di sektor kesehatan dan pariwisata.

Menyikapi fenomena tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Kementerian Kesehatan di bawah koordinasi Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi tengah mengembangkan wisata medis (medical tourism) dan wisata kesehatan (wellness tourism).

Dalam pelayanan medical tourism, pihak pariwisata biasanya menyediakan paket-paket yang memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk melakukan perjalanan. Biasanya medical tourism dijadikan salah satu pilihan pengobatan sekaligus berwisata oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Van Slipen (dalam Boedi, 2020) memandang pariwisata Kesehatan terdiri dari tiga elemen yakni; Kesehatan sebagai motif utama, menjauh dari rumah, terjadi dalam suasana santai. Sedangkan, menurut Zarei & Maleki (dalam Boedi, 2020) tujuan utama dalam wisata medis yaitu untuk mendapatkan kebugaran dan kesejahteraan fisik, spiritual maupun psikologis.

Apa Saja Cakupan Medical Tourism?

Pelayanan wisata medis (medical tourism) pada intinya mencakup:

  1. Pelayanan pra rumah sakit, mulai dari pendaftaran dan konsultasi langsung atau melalui web, telepon, email rumah sakit dengan SDM yang andal dan komunikatif, hingga memberikan layanan penjemputan wisatawan medis untuk pasien, keluarga atau pendamping pasien di bandara atau titik tertentu.
  2. Pelayanan saat di rumah sakit yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)
  3. Pelayanan pasca rumah sakit, misalnya berkoordinasi dengan Biro Perjalanan Wisata (BPW) untuk memfasilitasi perjalanan wisata lainnya hingga proses pemulangan wisatawan medis dan keluarga atau pendamping kembali ke negara atau daerah asalnya.

Bagaimana Peran Persada Hospital Berkontribusi dalam Medical Tourism Indonesia?

Sebagai Rumah Sakit yang mendedikasikan diri untuk kesehatan masyarakat dengan pelayanan yang maksimal, Persada Hospital juga turut berkontribusi memberikan berbagai layanan yang termasuk ke dalam program Medical Tourism Indonesia.

Hal tersebut sejalan dengan potensi wilayah Malang yang kaya akan keindahan alam dan berbagai destinasi wisata. Malang memiliki destinasi wisata alam seperti Gunung Bromo, jajaran pantai selatan yang eksotis, air terjun, wisata heritage, hingga wisata buatan atau theme park seperti Jawa Timur Park, Batu Secret Zoo, Hawai Waterpark, dan berbagai pilihan destinasi wisata kuliner yang sangat beragam.

Hal ini turut menguatkan program Medical Tourism Indonesia setelah industri kesehatan di Malang bergabung, salah satunya adalah Persada Hospital. Menyambut gempita medical tourism Indonesia serta program medical tourism pertama di Malang Raya, Persada Hospital juga menyediakan berbagai paket medical tourism lengkap bagi berbagai kalangan, mulai dari keluarga, pasangan, hingga berbagai komunitas.

Apa Saja Layanan Paket Medical Tourism di Persada Hospital?

Adapun paket-paket tersebut merupakan produk kesehatan yang terbagi dalam pemeriksaan diagnostik (medical check up) hingga tindakan operasi. Produk kesehatan tersebut dimiliki oleh beberapa Center of Excellence (CoE) Persada Hospital, antara lain seperti:

1. Cardiac Center

Layanan ini menyediakan paket lengkap Medical Check Up (MCU) Stroke Detection. Cardiac Center juga mampu melayani MCU Cardiac Health, kateterisasi jantung, dan tindakan operasi bedah jantung terbuka (CABG).

2. Aesthetic Center

Masyarakat yang ingin mendapatkan bentuk tubuh sempurna dan kecantikan paripurna, Aesthetic Center Persada Hospital hadir dengan layanan weightloss program, blepharoplasty, operasi bariatrik (modifikasi saluran pencernaan) dan breast implant.

3. Brain and Spine

Merupakan pelayanan terpadu dan tercanggih untuk kelainan-kelainan pada otak dan tulang belakang.

4. Hip and Knee Clinic

Layanan ini memberikan tindakan didukung peralatan canggih untuk rekonstruksi ACL serta total hip/knee replacement (penggantian sendi panggul/lutut).

5. Urologi

Urologi Persada Hospital fokus pada diagnosa, penanganan dan pencegahan dari penyakit di saluran kemih, seperti ESWL (alat pemecah batu tanpa luka), TURP (operasi pembesaran prostat), Lithotripsy (penghancuran batu saluran kemih tanpa membuat luka dengan alat khusus), dan PCNL (penghancuran batu ginjal dengan luka kecil dan menggunakan alat teropong khusus).

6. Orthopaedic Center

Layanan ini memberikan tindakan profesional di bidang ortopedi, mulai dari permasalahan otot, tendon, ligament, dan tulang.

7. Digestif

Memberikan pelayanan kepada pasien yang mengalami gangguan di saluran pencernaan dan membutuhkan pembedahan baik itu emergensi ataupun elektif. Semua tindakan baik untuk diagnostik dan terapi diupayakan menggunakan bedah invasif minimal yang meliputi endoskopi, kolonoskopi, dan laparoskopi.

 

Keuntungan yang bisa didapat dari paket medical tourism dari Persada Hospital yaitu pendampingan selama Medical Check Up dari awal hingga selesai, ruangan khusus, dan pelayanan yang cepat dan nyaman selama di rumah sakit (VIP line).

Persada Hospital siap untuk melayani masyarakat dan seluruh pihak yang tertarik paket Medical Tourism. Informasi selengkapnya hubungi hotline Persada Hospital di 0811-3058-8585.

Ditinjau oleh :
dr. Sophia Burhan
Dokter Umum
Share :
#SehatBarengPersada