11 Cara Mengobati Radang Sendi Serta Rasa Nyerinya

radang sendi tangani segera di persada hospital malang

Radang sendi, juga dikenal sebagai artritis, adalah kondisi medis yang ditandai oleh peradangan atau iritasi pada satu atau lebih sendi dalam tubuh. Maka dari itu apabila ingin mengetahui cara mengobati radang sendi, maka Anda harus memahami penyebabnya terlebih dahulu.

Sendi adalah area di mana dua tulang bertemu, dan mereka memungkinkan gerakan tubuh yang lancar. Ketika sendi mengalami radang, ini dapat menyebabkan nyeri, pembengkakan, kemerahan, dan ketidaknyamanan yang signifikan.

Ini Dia Cara Mengobati Radang Sendi

Pengobatan artritis bergantung pada jenisnya dan tingkat keparahannya. Ada yang cukup dengan obat dan fisioterapi, atau bisa juga hingga pembedahan. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pengobatan artritis.  Antara lain:

1. Obat-obatan

Ada berbagai macam obat-obatan untuk menangani radang pada sendi. Beberapa dokter biasanya menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid, krim atau salep yang mengandung capsaicin hingga steroid. 

Tidak hanya itu, pada beberapa jenis radang seperti artritis reumatoid, obat anti reumatik bisa diperlukan. Hal ini untuk mencegah adanya kerusakan permanen pada jaringan dan sendi.

2. Fisioterapi

Pengobatan berikutnya yang bisa dokter berikan adalah terapi fisik atau fisioterapi. Terapi yang satu ini mampu membantu memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas hingga mengurangi nyeri.

Tidak hanya itu, latihan kesehatan sendi juga bisa membantu dalam mengatasi radang sendi. Dokter akan memberikan fisioterapi sesuai dengan jenis radang yang Anda alami.

Anda hanya perlu mencari layanan yang tepat untuk fisioterapi. Seperti halnya memanfaatkan layanan Hip and Knee Clinic di Persada Hospital Malang untuk mengobati radang sendi. Layanan ini tentu saja didukung oleh dokter yang kompeten di bidangnya.

3. Operasi

Cara mengobati radang sendi berikutnya adalah dengan melakukan operasi. Dokter akan menyarankan cara ini apabila fisioterapi dan obat-obatan belum cukup untuk menangani radang pada sendi.

Ada beberapa metode operasi sesuai dengan tingkat keparahan radang sendiri. Antara lain:

  • Artroplasti: Fungsinya untuk mengganti sendi yang mengalami kerusakan. Kemudian dokter akan menggantinya dengan sendi buatan. Ada Artroplasti total dan ada juga parsial. Semua tergantung oleh kondisi sendi yang mengalami kerusakan. 
  • Artrodesis: Fusi sendi adalah prosedur di mana dua tulang yang membentuk sendi digabungkan menjadi satu untuk menghilangkan pergerakan sendi. Ini digunakan untuk mengatasi nyeri kronis yang parah pada sendi yang tidak bisa diperbaiki atau digantikan.
  • Osteotomi: Pengobatan ini melibatkan pemotongan atau perataan tulang untuk mengubah distribusi beban pada sendi yang rusak. Ini digunakan terutama untuk mengatasi Osteoartritis pada sendi berat badan.

Cara Mengobati Nyeri Radang Sendi

Selain melakukan beberapa pengobatan termasuk memanfaatkan layanan Hip and Knee Clinic di Persada Hospital Malang, Anda juga bisa mengobati rasa nyeri dengan terapi di rumah. Hal ini untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat radang.

Berikut ini caranya:

1. Kelola Berat Badan

Pertama adalah mengelola berat badan supaya tetap ideal. Sebab, berat badan berlebih, mampu memberikan tekanan berlebihan pada sendi. 

Cara untuk mengelola berat badan dengan rutin makan sehat, aktif dalam bergerak hingga istirahat yang cukup. Pastikan berat badan Anda tetap dalam angka ideal untuk menjaga kondisi sendi pada tubuh.

2. Olahraga yang Cukup

Mengelola berat badan juga bisa didukung dengan olahraga. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan beragam manfaat seperti memperkuat otot di sekitar sendi dan menjaganya tetap fleksibel.

Sebaiknya, Anda memulai program olahraga sesuai kemampuan. Kemudian rekrut pelatih atau trainer untuk membantu Anda dalam olahraga. Beberapa olahraga yang baik untuk penderita radang sendi adalah berenang, jalan kaki, bersepeda.

3. Terapi Panas dan Dingin

Cara mengobati radang sendi dan nyerinya yang paling mudah adalah dengan melakukan terapi panas dan dingin. Bagaimana caranya?

Untuk terapi panas, Anda bisa mencoba berendam air hangat atau mandi air hangat pada pagi hari secara rutin. Apabila Anda memiliki selimut atau penghangat listrik, cobalah dengan menghangatkan sendi yang nyeri semalaman.

Sementara untuk terapi dingin, Anda bisa mencoba dengan membalut es dengan kompres. Kemudian tempelkan pada sendi yang mengalami nyeri atau sakit. Namun, Anda tidak boleh menempelkan es secara langsung ke kulit ya!

Terakhir adalah dengan menggunakan capsaicin yang asalnya dari cabai. Ada beberapa krim hingga koyo yang bisa Anda manfaatkan untuk memberi kehangatan atau terapi nyeri pada tubuh.

4. Melakukan Diet Sehat

Beberapa penderita radang sendi adalah orang dengan berat badan berlebih atau juga obesitas. Maka dari itu, Anda wajib melakukan diet sehat untuk mengelola berat badan.

Caranya yakni dengan mengatur pola makan dan kalori yang masuk ke tubuh. Apabila berat badan Anda berkurang, maka tekanan pada sendi juga akan berkurang. Tentu saja ini sangat efektif untuk membantu cara mengobati radang sendi.

5. Pijatan yang Lembut

Cara mengobati radang sendi dan nyerinya yang bisa Anda lakukan terakhir adalah dengan melakukan pijatan lembut. Pijatan dapat mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman yang muncul pada sendi Anda.

Namun, Anda sebaiknya memilih terapis profesional untuk hal ini. Terutama terapis yang sudah berpengalaman dalam menangani penderita artritis. Beberapa ahli terapi fisik bisa melakukan hal ini.

Baca Juga: Waspada 6 Gejala Radang Sendi Berikut Ini!

Pengobatan Radang Sendi di Persada Hospital Malang

Meski demikian, beberapa terapi dan pengobatan ini sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Seperti pada layanan Hip and Knee Clinic di Persada Hospital Malang. Sehingga apa yang Anda lakukan masih dalam pengawasan dokter. 

Pengobatan radang sendi perlu dilakukan sedini mungkin karena jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan rasa sakit berkepanjangan. Persada Hospital Malang menyediakan layanan Hip and Knee Clinic untuk mengobati radang sendi.

Didukung dengan dokter yang kompeten, teknologi terkini, dan tim yang mumpuni, radang sendi dapat ditangani dengan tepat dan cepat. Kunjungi layanan Hip and Knee Clinic di Persada Hospital Malang untuk mengobati radang sendi.

Cek jadwal dokter orthopedi Persada Hospital untuk melakukan kunjungan konsultasi di poli orthopedi. Mulai gaya hidup sehat bersama Persada Hospital dengan simak ragam informasi kesehatan terkini melalui laman artikel kami.

Ditinjau oleh :
dr. Bagus Putu Putra Suryana, Sp.PD-KR
Spesialis Penyakit Dalam
Share :
#SehatBarengPersada