Inilah Penyebab Sakit Pinggang dan Cara Mengatasinya

penanganan sakit pinggang di persada hospital

Penyebab sakit pinggang tidak hanya satu, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan nyeri pada bagian pinggang sehingga mengganggu aktivitas Sahabat Persada. Nyeri pada  pinggang merupakan keluhan yang sering timbul terkait dengan suatu pekerjaan dan aktivitas.

Nyeri punggung bawah termasuk ke dalam masalah kesehatan, termasuk didalamnya adalah masalah kesehatan kerja. Nyeri yang dirasakan pada punggung bawah ini berasal dari tulang belakang, otot, saraf atau struktur lain pada daerah tersebut.

Sakit pinggang paling sering disebabkan oleh cedera otot atau sendi di area pinggang, bisa akibat posisi tubuh yang salah, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang. Sakit punggung bawah ini juga bisa disebabkan oleh gangguan pada organ ginjal, infeksi, atau masalah tulang belakang.

Jenis keluhan sakit pinggang juga berbeda-beda misalkan karena tulang keropos atau osteoporosis akan berbeda keluhan dengan sakit pinggang karena tumor atau akibat penyebaran kanker atau pada kasus rematik.

Sakit pinggang dapat dibedakan berdasarkan rasa nyeri yang dirasakan, antara lain rasa nyeri setempat dimana pasien dapat menunjukkan lokasi nyerinya, nyeri kiriman (referred pain) artinya lokasi nyeri yang dirasakan berasal dari penyakit di lokasi tubuh lain misal penyakit sebetulnya di perut tapi nyerinya di pinggang, nyeri menjalar (radicular pain) yaitu rasa nyeri tidak hanya di satu titik melainkan menjalar sampai ke bagian tubuh yang lebih jauh dan nyeri yang disebabkan peregangan otot.

Apa Saja Gejala Sakit Pinggang?

  1.   Pinggang pegal, kaku, atau seperti ditusuk
  2.   Nyeri menjalar dari pinggang ke bokong sampai kaki
  3.   Nyeri menjalar dari pinggang ke selangkangan dan alat kelamin
  4.   Sulit untuk bergerak dan berdiri tegak karena nyeri di pinggang
  5.   Sakit kadang memburuk di malam hari atau saat duduk terlalu lama
  6.   Sakit terasa memburuk saat membungkuk, mengangkat benda berat, atau berjalan
  7.   Tungkai terasa lemah atau mati rasa, tergantung pada letak saraf yang terjepit

Klasifikasi Sakit Pinggang

Adapun nyeri pinggang berdasarkan waktu dapat dikelompokkan menjadi berikut:

  1. Akut: nyeri pinggang akut adalah keluhan nyeri pinggang kurang dari 4 minggu. Nyeri pinggang akut, sering sembuh spontan dalam beberapa hari.
  2. Subakut: Nyeri pinggang sub-akut, keluhan kurang dari 3 bulan.
  3. Kronik: Nyeri pinggang kronis apabila keluhan lebih dari 3 bulan.

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Pinggang?

  1. Minum Obat Pereda Nyeri
  2. Mengoleskan Gel Pereda Nyeri
  3. Menempelkan Bantalan Es atau Pemanas Pada Pinggang yang Sakit
  4. Menghindari Duduk Terlalu Lama
  5. Memperhatikan Posisi Tidur
  6. Menjalani Terapi Fisik
  7. Perawatan dengan Suntikan Steroid
  8. Tindakan operasi bedah : dilakukan untuk sakit pinggang karena kelainan bentuk tulang belakang

Diagnosis Nyeri Pada Pinggang

Untuk menentukan penyebab sakit pinggang, dokter akan menanyakan tentang karakteristik nyeri yang dirasakan dan apa yang membuatnya makin parah atau membaik. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk memeriksa refleks dan jangkauan gerak pasien. Bila pasien tidak menunjukkan gejala yang serius, dokter bisa langsung memberikan pengobatan.

Bila sakit pinggang tidak juga hilang setelah beberapa minggu atau muncul gejala yang serius, dokter dapat melakukan pemeriksaan lanjutan, seperti:

  1. Tes darah dan urine bertujuan mencari penyebab sakit pinggang. 
  2. Pemindaian, seperti foto Rontgen, CT scan, dan MRI, untuk memeriksa struktur tulang, otot, dan ligamen, serta mencari tahu jika ada kondisi pemicu lainnya
  3. USG ginjal atau organ reproduksi wanita, jika sakit pinggang dicurigai berasal dari masalah di organ tersebut
  4. Elektrodiagnostik, meliputi elektromiografi (pemeriksaan aktivitas listrik otot), tes konduksi saraf (pemeriksaan kecepatan transmisi sinyal saraf), dan evoked potential test (pemeriksaan kecepatan hantaran saraf ke otak).

Jika Anda merasakan gejala sakit pinggang yang tak kunjung sembuh dan bertambah parah, segera datang dan periksakan diri Anda ke Persada Hospital.

Persada Hospital memiliki layanan manajemen nyeri yang oleh dokter spesialis yang kompeten. Segera tangani sakit pinggang Anda agar tidak mengganggu kualitas hidup Anda, datang dan konsultasikan diri ke Persada Hospital. Cek jadwal dokter Persada Hospital untuk mengunjungi poliklinik Orthopedic. Kunjungi laman artikel Persada Hospital untuk mempelajari ragam informasi kesehatan terkini. 

Informasi selengkapnya hubungi hotline Persada Hospital di 0811-3058-8585.

Ditinjau oleh :
dr. Azizati Rochmania, Sp.KFR - FRSport
Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik
Share :
#SehatBarengPersada