Tugas Dokter Orthopaedi Dalam Mengatasi Masalah Tulang dan Sendi

Banyak orang yang masih menganggap jika mengalami patah tulang, maka harus menemui Dokter Orthopaedi. Padahal peran dan tugas Dokter Orthopaedi tidak hanya sebatas menangani permasalah patah tulang saja. Oleh karena itu, Sahabat Persada perlu mengetahui lebih dalam mengenai Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi (Sp.OT) melalui ulasan artikel berikut ini.

Orthopaedi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari studi, diagnosis, dan pengobatan bagi gangguan muskuloskeletal (otot, tulang belakang, tulang, dan sendi). Dokter yang ahli dalam bidang ini dinamakan orthopaedi.

Peran spesialis orthopaedi secara umum adalah mendiagnosis dan mengobati cedera yang disebabkan oleh olahraga atau aktivitas fisik pada pasien dari segala usia, mulai dari bayi, dewasa, maupun lanjut usia (lansia).

Dokter Orthopaedi juga memiliki keahlian dalam mengelola kondisi yang menurun secara bertahap seiring waktu, seperti radang sendi atau osteoporosis. Para ahli orthopaedi juga akan membantu pasien dalam pencegahan dari cedera berlebihan yang menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan karena terlalu sering menggunakan otot atau sendi.

Selain membantu perbaikan saat mengalami cedera, dokter spesialis orthopaedi juga dapat memberikan konsultasi dan perawatan agar aktivitas keseharian yang Sahabat Persada lakukan agar lebih optimal.

 

Apa Saja Jenis Subspesialis Orthopaedi?

Sebagaimana dilansir dari Kolegium Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia, ada 9 jenis subspesialis Orthopaedi di Indonesia, antara lain:

  1. Subspesialis Orthopaedic Spine: Subspesialis ini berfokus pada penyakit dan masalah yang terkait dengan tulang belakang dan area di sekitarnya.
  2. Subspesialis Orthopaedic Hip and Knee (Adult Reconstruction, Trauma, and Sports): Subspesialis ini memiliki kemampuan untuk melakukan tindakan penggantian panggul total atau Total Hip Replacement (THR), penggantian lutut total atau Total Knee Replacement (TKR) dan sebagainya.
  3. Subspesialis Hand, Upper Limb, and Microsurgery: Subspesialis ini dapat melayani konsultasi, tindakan operasi, dan rehabilitasi pada pasien dengan kondisi cedera di area tangan, mulai dari jari, telapak tangan, pergelangan, siku, sampai bahu.
  4. Subspesialis Orthopaedic Oncology: Subspesialis ini melakukan sejumlah perawatan pada pasien dengan kondisi tumor tulang dan jaringan lunak, termasuk sarkoma, metastasis tulang, tumor jinak dan kanker pada tulang atau jaringan lunak dan patah tulang patologis yang tergolong langka.
  5. Subspesialis Pediatric Orthopaedic: Pediatric Orthopaedic adalah cabang ilmu kedokteran yang dikhususkan untuk merawat sendi, otot, dan tulang pada anak-anak, mulai dari bayi hingga remaja. Cakupan orthopaedi anak ini cukup luas, namun beberapa contoh kondisi yang ditangani oleh ahli orthopaedi anak ini antara lain seperti: Skoliosis, patah tulang, kaki bengkok atau pengkor, masalah berjalan dan sebagainya. 
  6. Subspesialis Foot and Ankle: Subspesialis Foot and Ankle memiliki fokus pada pengobatan cedera pada kaki dan pergelangan kaki, serta mencari penyebab yang mendasari rasa sakit tersebut. Dokter orthopaedi ahli foot and ankle juga akan membantu memilih pengobatan yang tepat, termasuk merekomendasikan sepatu khusus jika diperlukan.
  7. Subspesialis Shoulder and Elbow: Subspesialis shoulder and elbow terdiri dari para ahli bedah orthopaedi yang merawat bahu atau siku, karena bahu dan siku adalah dua sendi yang paling rumit di tubuh dan memerlukan perawatan yang detail oleh ahli ini.
  8. Subspesialis Advance Orthopaedic Trauma: Orthopaedic Trauma berfokus pada cedera dan masalah muskuloskeletal yang mendesak, secara non-bedah dan pembedahan, seperti jatuh, cedera olahraga berdampak tinggi, atau tabrakan.
  9. Subspesialis Orthopaedic Sport Injury: Subspesialis ini berperan untuk menangani cedera atletik, pencegahan cedera, dan kinerja atlet. Selain itu, ahli orthopaedic sport injury juga dapat memberikan saran mengenai peralatan yang tepat sehingga Anda dapat terus berolahraga tanpa menempatkan diri pada risiko cedera lebih lanjut.

 

Persada Hospital memiliki beberapa Dokter Spesialis dan Subspesialis Orthopaedi yang mahir dan berpengalaman di bidangnya dalam menangangi berbagai permalasahan seputar otot, tulang, tulang belakang, cedera, dan sendi.

Jika Sahabat Persada memiliki permasalahan dan keluhan seputar tulang dan sendi, segara datang dan konsultasikan ke Persada Hospital.

Informasi selengkapnya hubungi hotline Persada Hospital di 0811-3058-8585

Ditinjau oleh :
DR. dr. Krisna Yuarno Phatama, Sp.OT (K)
Spesialis Orthopedi
Share :
#SehatBarengPersada