• Jl. Panji Suroso Kompleks Araya Business Center Kav.2-4, Kota Malang 65126
  • Poliklinik Senin-Sabtu 07:00 - 21:00 WIB

RS Swasta Tipe B

di Kota Malang

Staff Kompeten

Berbagai spesialis dan subspesialis

Service Excellence

Pelayanan secara prima

dr. Agus Chairul Anab, Sp. BS

dr. Agus Chairul Anab, Sp. BS

Dokter Spesialis Bedah Saraf

dr. Agus C. Anab adalah salah satu dari 5 dokter bedah saraf professional Comprehensive Brain Spine Center yang menekuni bidang tumor otak. Berawal dari karir kedokterannya di puskesmas keperawatan (puskesmas tempat rawat jalan dan rawat inap) di Surabaya pada 1994 berlanjut ke Gresik bagian utara tahun 1996, dr. Agus C. Anab atau yang biasa disapa dr. Aca melihat kurangnya jumlah ahli bedah saraf di Gresik bagian utara. Pasien yang mengalami  gangguan saraf harus dirujuk ke rumah sakit di Surabaya, dan apabila terjadi keterlambatan penanganan akibatnya bisa fatal. Inilah yang kemudian menjadi alasan beliau menekuni spesialisasi bedah saraf, dr. Aca termasuk urutan 115.

Tujuh tahun bertugas sebagai dokter bedah saraf di RSUD. Saiful Anwar Malang dari tahun 2006, dr. Aca banyak menangani kasus tumor otak. Beliau melihat bahwa  tumor otak termasuk penyakit yang ditakuti orang walau pun diagnosis sangat mudah dengan CT scan dan MRI (Magnetic resonance imaging). Banyak pasien datang dengan kondisi terlambat padahal jika pasien memeriksakan lebih dini, kondisi pasca operasi bisa jauh lebih baik . Untuk itu bila ada  gejala pusing, mata kabur, kejang, dan kelemahan anggota gerak untuk segera memeriksakan diri ke dokter karena ini bisa menjadi pertanda adanya tumor otak.

Dokter alumni Universitas Airlangga Surabaya yang dikenal sebagai ahli tumor otak ini mulai tertarik mendalami metode keyhole (operasi lubang kunci dengan sayatan 1-2 cm) saat menghadiri workshop Axel di Singapura pada 2008. Ketika itu, dr Aca sangat tertarik terhadap operasi tumor otak menggunakan metode keyhole surgery.“Soalnya belum banyak yang belajar tentang metode keyhole. Bahkan di Asia saja belum banyak dokter bedah saraf yang mendalami teknik ini. Metode keyhole justru banyak dikembangkan di Eropa, seperti Jerman dan Prancis. Di sana masyarakatnya lebih memperhatikan kecantikan. Apalagi bekas operasi akan tersamarkan dengan alis mata. Penggunaan metode keyhole awalnya terlihat agak sulit, tapi hal tersebut bisa dipelajari,”Pucuk dicinta ulam pun tiba. Pada 2012, workshop metode keyhole digelar di Indonesia. Yang menjadi narasumber adalah Prof. Nicolay Hofp, murid didikan Axel. Workshop yang digelar di Bandung, Jawa Barat, membuka peluang besar bagi dr Aca. Ia segera mengajukan permintaan magang di Stuttgart, Jerman, untuk mempelajari lebih dalam operasi tumor otak melalui alis mata. Pada Maret-Juni 2012, dr Aca terbang ke Jerman.Tidak hanya di Jerman, dr. Aca dikenal sebagai sosok yang selalu update pengetahuan di bidangnya dengan mengikuti program mastering, workshop dan pembicara. Saat ini dr. Aca telah menangani 455 operasi sejak tahun 2013 bersama tim dokter Comprehensive Brain Spine Center dengan tingkat keberhasilan lebih dari 90 %.

Universitas Airlangga
March, 1995

dr Agus Chairul Anab, Sp.BS menamatkan pendidikan kedokterannya di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya pada tanggal 4 Maret 1995

Universitas Airlangga
December, 2005

Setelah memperoleh gelar Dokter, dr. Aca panggilan akrab beliau melanjutkan studi pendidikan di FK Unair Surabaya pada Program Dokter Spesialis I Ilmu Bedah Saraf dan lulus pada tanggal 17 Desember 2005

Sertifikat

Jadwal Saya