Persada Hospital Resmikan Layanan Bedah Jantung “Operasi Bedah Jantung Terbuka Pertama di Rumah Sakit Swasta Kota Malang”

persada-hospital-resmikan-layanan-bedah-jantung-operasi-bedah-jantung-terbuka-pertama-di-rumah-sakit-swasta-kota-malang

Penyakit jantung masih menjadi ancaman kesehatan global, tak terkecuali di Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar mencatat jumlah kasus penyakit jantung koroner terus meningkat tiap tahun. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan sebanyak 17 juta orang meninggal akibat penyakit jantung. Berdasarkan riset data yang diterbitkan oleh Kemenkes melalui Profil Kesehatan Indonesia tahun 2020, dinyatakan bahwa penyakit Jantung termasuk dalam delapan penyakit katastropik dengan jumlah kasus sebanyak 11.592.990 kasus. Sebagai langkah untuk mengatasi penyakit jantung, terdapat cara seperti pemasangan ring jantung (cath lab) dan operasi bedah jantung agar fungsi jantung kembali optimal.

Persada Hospital kini telah siap melakukan operasi bedah jantung, baik tindakan CABG atau dikenal dengan istilah Coronary Artery Bypass Graft (CABG), Mitralvalve Replacement (MVR), Aorticvalve Replacement (AVR), maupun tindakan bedah jantung lainnya. Operasi jantung adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan gangguan fungsi jantung.

Operasi bedah jantung ini adalah sebuah kolaborasi yang luar biasa dengan beberapa rekan-rekan dokter spesialis yang tergabung di dalam tim Spesialis Jantung dan Spesialis Bedah Jantung Persada Hospital. Selain berkolaborasi dengan tim dokter yang andal, operasi ini juga ditunjang dengan peralatan medis yang canggih sehingga operasi bisa berhasil dilakukan. Peralatan yang digunakan meliputi Heart Lung Macgaphine, Brain Oksimetri, Echocardiography dengan TEE Transducer, Intra Aortic Balloon Pump, Near Infrared Spectroscopy (NIRS) dan alat canggih pendukung lainnya.

 

Tepat pada hari Sabtu, 18 Juni 2022, Persada Hospital menggelar kegiatan seminar berjudul “Update treatment for Coronary Heart Disease, with or without surgery” bertempat di Ballroom Grand Mercure Hotel Malang. Persada Hospital menghadirkan narasumber dokter spesialis jantung dan bedah jantung ternama antara lain Prof. dr. M. Saifur Rohman, Sp.Jp (K)., Ph.D., FSCAI., dr. Heny Martini, Sp.JP (K)., FIHA., dan dr. M. Alfa Ferry S. MD., FRCS, FCS, Sp. BTKV, FIHA. Seminar ini dihadiri oleh para dokter spesialis jantung dan pembuluh darah hingga dokter umum. Seminar ini juga menandakan bahwa Persada Hospital telah siap menerima rujukan untuk layanan jantung bagi masyarakat.

Sebelumnya, Persada Hospital telah berhasil melakukan operasi tersebut sekaligus menjadi operasi bedah jantung terbuka pertama yang dilakukan oleh rumah sakit swasta di Kota Malang. Keberhasilan ini merupakan pencapaian dan harapan baru bagi Persada Hospital untuk dapat terus memberikan pelayanan optimal kepada pasien, khususnya masyarakat di wilayah Malang Raya dan sekitarnya.

“Dengan adanya operasi bedah jantung, Persada Hospital semakin lengkap dan unggul di berbagai bidang layanan kesehatan, terutama layanan jantung. Kami ingin membantu pemerintah untuk bisa menjadi salah satu pusat rujukan jantung. Selain pemasangan ring jantung (cath lab), ada juga bedah jantung yang bisa dimanfaatkan oleh para penderita penyakit jantung.” ujar dr. Sigit Riyarto, M.Kes., AAK selaku direktur Persada Hospital.

Di masa depan, Persada Hospital tetap berkomitmen untuk memberikan layanan prima bagi para pasiennya dan melakukan inovasi-inovasi medis demi kesehatan masyarakat Kota Malang.

Share :
#SehatBarengPersada