10 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit

cara mengatasi penuaan dini pada kulit di aesthetic center persada hospital malang

Usia belum lanjut namun kulit sudah mulai berkeriput? Bisa jadi Anda mengalami penuaan dini. Lalu, bagaimana cara mengatasi penuaan dini pada kulit?

Seiring bertambahnya usia, kolagen pada kulit akan berkurang sehingga kulit mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti munculnya keriput, garis halus, warna kulit tidak merata, kulit kasar, flek hitam sampai kulit kering. 

Tanda penuaan tersebut bisa muncul meski Anda belum berusia lanjut atau yang dikenal dengan istilah penuaan dini.  Terjadinya penuaan dini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor genetik, sering terpapar sinar matahari dan polusi, dan pola makan tidak sehat.

Tips dan Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Penuaan pada kulit memang akan terjadi pada semua orang namun di usia yang berbeda-beda. Anda bisa menyamarkan tanda penuaan dini pada kulit dengan cara berikut ini.

1. Menggunakan Skincare dengan Kandungan Tertentu

Pertama Anda bisa mengatasi penuaan dini dengan cara menggunakan produk skincare yang mengandung bahan khusus untuk mengatasi penuaan atau anti-aging. Beberapa kandungan skincare anti-aging yang bisa Anda gunakan adalah retinol dan vitamin C.

Retinol memiliki beberapa manfaat seperti mempercepat regenerasi sel kulit, menyamarkan bintik hitam dan kerutan di wajah sehingga kulit Anda akan kencang dan berseri. Untuk mencegah penuaan, Anda disarankan untuk memakai retinol sejak berusia 25 tahun.

Vitamin C sendiri kaya akan antioksidan yang efektif untuk mengurangi dampak inflamasi, meratakan warna kulit dan meningkatkan kolagen. Anda bisa menggunakan serum atau pelembab yang mengandung kandungan diatas. 

2. Menggunakan Sabun Pencuci Wajah yang Lembut

Cara mengatasi penuaan dini yang kedua yaitu rutin membersihkan wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun pencuci wajah khusus. 

Setelah beraktivitas di luar polusi, keringat, debu dan kotoran bisa menumpuk di wajah Anda. Apabila tidak dibersihkan maka kotoran dan sel kulit mati bisa menumpuk dan memperparah tanda penuaan di kulit.

Dalam membersihkan wajah, Anda perlu memilih sabun pencuci yang lembut sehingga kulit tidak iritasi. Kebiasaan membersihkan kulit dengan kasar bisa memperburuk atau mempercepat penuaan.

3. Menggunakan Sunscreen

Terpapar sinar matahari secara berlebihan bisa merusak kulit Anda. Hal tersebut dikarenakan sinar ultraviolet yang berlebihan bisa menyebabkan munculnya berbagai tanda penuaan seperti warna kulit tidak merata, munculnya kerutan, sampai risiko kanker kulit.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung di atas jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Jika Anda harus keluar ruangan maka Anda harus memakai sunscreen atau tabir surya yang memiliki SPF di atas 30. 

Gunakan sunscreen pada  area kulit yang tidak terrtutup pakaian seperti wajah atau leher. Apabila Anda berada di luar rungan dalam waktu lama, jangan lupa untuk reapply sunscreen Anda setiap beberapa jam sekali. 

4. Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah

Cara mengatasi penuaan dini selanjutnya bisa dilakukan dengan eksfoliasi. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati. Proses tersebut bisa dilakukan melalui beberapa cara seperti chemical peeling dan physical peeling. 

Chemical peeling adalah pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan produk skincare yang mengandung bahan eksfoliasi seperti AHA atau salycilic acid dan BHA. Anda bisa melakukan chemical peeling secara rutin setiap 2 kali dalam seminggu.

Physical peeling adalah metode pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan scrub wajah. Namun cara ini kurang direkomendasikan tbagi Anda yang memiliki kulit sensitif karena butir scrub bisa menyebabkan iritasi.

Beberapa manfaat eksfoliasi diantaranya dapat mencegah munculnya komedo dan jerawat, merangsang kolagen, meratakan pigmentasi kulit yang tidak rata, sampai menyamarkan kerutan di wajah.

5. Makan Makanan yang Sehat

Makan makanan yang tidak sehat seperti makanan manis, junk food atau makanan tinggi kolesterol secara berlebihan bisa memicu penuaan dini. Makanan tersebut jika dikonsumsi berlebihan ternyata dapat merusak kolagen yang memiliki fungsi menjaga elastisitas kulit.

Oleh karena itu, Anda bisa mengatasi penuaan dini dengan cara mengurangi konsumsi makanan tidak sehat dan memperbanyak mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan seimbang seperti buah-buahan dan sayuran. 

Beberapa buah dan sayur yang bisa membantu menghambat penuaan diantaranya yaitu alpukat, blueberry, bayam, brokoli, pepaya dan semangka. 

6. Minum Air Putih yang Cukup

Cara mengatasi penuaan dini pada kulit berikutnya adalah dengan minum air putih yang cukup yaitu paling tidak 2 liter atau 8 gelas setiap hari. 

Kurangnya asupan minum air putih bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan kelembaban kulit menurun. Akibatnya kulit akan menjadi lebih kering. 

7. Olahraga Rutin

Olahraga sudah dikenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk untuk kesehatan kulit Anda. Saat olahraga tubuh akan mengeluarkan keringat yang membawa kotoran keluar dari pori-pori sehingga kulit Anda akan lebih bersih.

Tidak hanya itu, olahraga secara rutin juga bisa melancarkan peredaran darah dan merangsang produksi kolagen sehingga tanda penuaan bisa tersamarkan. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal Anda bisa rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari seperti bersepeda, jalan kaki, berenang atau yoga. 

8. Hindari Konsumsi Alkohol

Alkohol tidak hanya dapat memberi efek buruk pada sistem pencernaan dan hati namun juga bisa menyebabkan munculnya tanda penuaan dini pada kulit Anda. 

Hal tersebut dikarenakan minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan Anda sering buang air kecil dan akibatnya Anda bisa dehidrasi. Saat tubuh kekurangan cairan, maka kulit akan menjadi lebih kering.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari alkohol sehingga kecantikan kulit tetap terjaga.

9. Jangan Merokok

Sama halnya seperti alkohol, merokok juga dapat memberi dampak buruk pada kulit. 

Beberapa efek buruk merokok pada kulit diantaranya yaitu rusaknya kolagen kulit, menyebabkan kulit kering dan keriput, dan menyebabkan sel kulit mati sehingga kulit Anda menjadi lebih kusam.

Untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini pada kulit, maka sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan merokok.

10. Melakukan Perawatan ke Dokter

Selain melakukan tips-tips di atas, cara mengatasi penuaan dini terakhir yaitu bisa dilakukan dengan  melakukan perawatan atau treatment kecantikan ke dokter. 

Beberapa perawatan kulit yang bisa Anda pilih untuk membantu atasi penuaan diantaranya yaitu seperti filler, suntik botox, chemical peeling, facelift, microneedling, laser, mikrodermabrasi, dan lainnya.

Baca Juga: Rhinoplasty, Operasi Mengubah Bentuk Hidung Menjadi Lebih Ideal

Wujudkan Kulit Cantik Sehat bersama Aesthetic Center Persada Hospital

Munculnya tanda penuaan dini memang tidak bisa Anda hindari, namun dapat ditunda atau diminimalisir melalui berbagai cara seperti menerapkan pola hidup sehat, menggunakan skincare anti-aging, serta melakukan perawatan kulit.

Bagi Anda yang memiliki masalah penuaan dini, Anda bisa berkonsultasi dan melakukan perawatan kulit di Aesthetic Center Persada Hospital Malang. Persada Hospital menyediakan layanan kecantikan yang didukung oleh teknologi terkini dan tenaga medis profesional.

Dengan konsultasi Anda dapat mengetahui solusi dan jenis perawatan kulit apa yang bisa membantu mengatasi masalah penuaan kulit Anda. 

Cek jadwal dokter kulit Persada Hospital untuk melakukan konsultasi dengan dokter berpengalaman mengenai keluhan Anda di poli kulit Persada Hospital Malang.

Ditinjau oleh :
dr. Nurul Fauzi, Sp.DV
Spesialis Kulit dan Kelamin
Share :
#SehatBarengPersada